6 Tips Mengatasi HP Terendam Air

6 Tips Mengatasi HP Terendam Air


Advertisement
Ponsel terendam air merupakan kejadian yang sering terjadi pada beberapa orang seperti halnya ponsel tidak sengaja lompat kedalam sungai saat sedang memancing ikan, entah itu faktor sengaja ataupun tidak sengaja sehingga hal tersebut bisa terjadi.

Rata - rata jika ponsel sudah masuk kedalam air terkadang memberikan beberapa kemungkinan antara ponsel mati ataupun hidup.

Biasanya, jika sudah terendam air otomatis ponsel akan seperti setengah mati hanya menampilkan layar hitam disertai lampu led ponsel.

Adapun beberapa cara tips jitu bagaimana cara mengatasi jika ponsel sudah terlanjur berada dalam air :

1. Angkat ponsel dari air

ponsel jatuh kedalam air

Setelah kita mengetahui ponsel berada di air, segera angkat. Dengan cepat ambil ponsel tersebut dan pindahkan ke tempat yang lebih kering. Semakin cepat anda mengangkat ponsel, kemungkinan memperkecil komponen akan rusak.

2. Matikan Ponsel

matikan ponsel jika terendam air

Ketika ponsel sudah terendam air dan saat kita angkat ponsel masih dalam keadaan hidup meskipun hanya muncul lampu led segera lakukan tindakan mematikan ponsel dengan menekan tombol power ataupun dengan melakukan pencopotan baterai. Tujuannya adalah meminimalkan air agar tidak melakukan kontak lebih lanjut dengan perangkat komponen ponsel.


3. Copot SIM Card / Memory Kartu Sdcard

sim card pada ponsel

Dengan melepaskan simcard dan memory sdcard bertujuan untuk menjaga data pribadi selamat walaupun letak sim card dan juga memory eksternal sdcard berada dalam ponsel.

4. Rendam ponsel kedalam beras

beras putih

Beras menurut cerita bisa menyerap air dengan sempurna sehingga cara ini digunakan ketika alat elektronik terendam air seperti halnya ponsel.

Jika ponsel terendam air bisa gunakan cara ini yaitu ambil wadah, kemudian ambil beras secukupnya dan letakkan hp dan komponen lain seperti baterai secara terpisah kedalam wadah yang sudah terisikan beras tadi.

Pastikan ponsel dan komponen baterai terkubur dalam beras dan tunggu sekitar 1 hari, lalu setelah itu angkat.

5. Lakukan pengecasan

pengecasan ponsel

Setelah semua komponen ponsel sudah terlihat kering, lakukan pengecasan dan perlu diingat jangan dihidupkan dulu ponsel tersebut. Lakukan pengecasan hingga penuh.

6.  Hidupkan ponsel
Setelah melakukan pengecasan secara total, coba hidupkan ponsel tersebut dan lakukan pengecekan pada komponen lainyabseperti speaker, mic ataupun kamera.

Jika beberapa cara diatas tidak mengatasi permasalahan handphone terendam air coba hubungi servis konter terdekat dan beri tahu jika ponsel sebelumnya terendam air dan tidak mau hidup.
Advertisement



Please enable Javascript![ ? ]