Menonaktifkan Aplikasi [ Autostart ] Setelah Booting di Android

Menonaktifkan Aplikasi [ Autostart ] Setelah Booting di Android

Mungkin kita pernah menginstall sebuah aplikasi atau game melalui playstore ataupun melalui beberapa media lain seperti hasil dari mengunduh dari internet. Banyak sekali link / alamat situs yang dapat anda kunjungi untuk mengunduh suatu file apk untuk Android.

Kadang, saya juga melakukan unduhan disana yang dimana pada saat itu sempat mengunduh game Pokemon yang dimana sebelumnya belum terbit melalui playstore di Indonesia tetapi masih diperuntukkan dengan target negara selain di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, saat berada di daerah yang terjangkau wifi.id saya juga sempat mengambil beberapa game kecil maupun versi high end / besar dari kategori action, advanture dan juga model game bertipe war atau peperangan.

Disaat anda menginstall sebuah aplikasi ataupun game pasti dalam step / langkah dalam penginstallanya langsung saja menekan tombol next sampai loading install berjalan.

Apakah kita tidak mengetahui setelah melakukan penginstallan ada beberapa aplikasi yang sengaja didesign oleh pengembang untuk berjalan setelah booting ponsel selesai ? Kita dapat menyebutnya autostart aplikasi.

Menonaktifkan autostart android

Dengan adanya aplikasi yang tiba – tiba berjalan tanpa sepengetahuan kita saat setelah booting tentu memiliki sisi negatif yang berkemungkinan lain seperti bertambahnya beban memory dan saat kita menjalankan sebuah aplikasi ataupun game tiba – tiba kemungkinan lain akan lag ataupun crash.

Untuk mengatasi hal seperti itu, kita perlu aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan sebuah aplikasi yang sengaja berjalan setelah ponsel android anda hidupkan. Seperti apa aplikasi tersebut ?

Mematikan startup aplikasi melalui Kingroot Android

Kingroot, inilah nama aplikasinya. Mungkin sebelum jenjang waktu sebelumnya saya sudah menginstall tutorial root dengan menggunakan metode Kingroot atau dapat anda baca di root semua jenis ponsel.

Mungkin kita mengenal kingroot adalah sebagai alat untuk membuka akses penuh pada sistem ponsel Android, tapi ternyata aplikasi ini juga dapat kita gunakan juga untuk keperluan seperti penghapusan aplikasi sistem / bloatware ataupun penonaktifan aplikasi yang berjalan secara background setelah booting.

Cara menggunakanya :

1. Buka kingroot.

2. Setelah membukanya, kita akan disuguhkan dengan beberapa fitur menu yang membantu seperti Otoritas Root, Copot Bloatware, Pengelolaan Autostart, Sistem pembersihan. Kita pilih Pengelolaan Autostart.
tampilan depan kingroot
Tampilan depan kingroot
3. Kita akan melihat beberapa daftar aplikasi yang berjalan saat ponsel dihidupkan, tap pada elemen slider panjang kanan yang berwarna biru hingga tidak ada di tab Mengaktifkan Autostart.
Mengaktifkan autostart
Mengaktifkan autostart

4. Untuk mengembalikanya ada di tab Menonaktifkan Autostart, pilih apikasi lalu lakukan hal serupa seperti step 3.

Sebenarnya, mengaktifkan autostart pada sebuah aplikasi mempunyai sisi positif seperti halnya aplikasi  chatting whatsapp, line, messenger dll dikarenakan jika kita nonaktifkan beberapa aplikasi tersebut tentunya akan menonaktifkan pemberitahuan jika ada seseorang yang melakukan percakapan / chat dengan kita . Untuk eksperimen, coba lakukan pada ponsel anda sekarang.


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

2 komentar

Solusi yang bagus dan bermamfaat, terima kasih atas ilmu yang di bagikan.

Please enable Javascript![ ? ]