Cara Hapus Aplikasi Bawaan Sistem Android Hingga Bersih

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Sistem Android Hingga Bersih

Bloghafid.com – Apa itu bloatware ? Bloatware adalah sebuah aplikasi utama / bawaan pada ponsel yang memang sudah tertanam di dalam firmware saat penginstallan sebuah OS(operasi sistem) dan bersifat tidak bisa dihapus alias permanen. Jadi, dapat disimpulkan bloatware = aplikasi utama paten.

Berbahayakah untuk ponsel android kita ? Jelas tidak. Bloatware seperti halnya aplikasi – aplikasi biasa dan sifatnya tidak membahayakan. Akan tetapi, sebagian dari kita mungkin akan merasa terganggu dan berfikiran untuk menghapusnya karena akan menambah beban pada internal memory (ROM). 
Bloatware Android
Image Art Android
Apakah bloatware bisa dihapus ? Tentu saja bisa. Dengan akses root kita bisa menghapusnya dari ponsel dan tentunya kita perlu aplikasi pihak ketiga yang bernama “Kingroot”. Meskipun kingroot menurut para pengguna Android adalah suatu alat untuk melakukan root, ternyata di dalam aplikasinya juga terdapat beberapa fitur seperti halnya Pencopotan Bloatware ini.

Baca juga : Menghentikan / Mengatasi Update Otomatis Aplikasi Android

Bagaimana cara hapus bloatware dari ponsel Android ?


Berikut beberapa langkahnya :
1. Buka aplikasi Kingroot .
2. Jika sebelumnya ponsel sudah ter-root dengan menggunakan aplikasi kingroot, nanti pada tampilan utamanya akan disuguhkan beberapa fitur. Pilih saja pada Pencopotan bloatware.
3. Kemudian, pilih aplikasi sistem mana saja yang ingin dihapus.
4. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi sistem yang anda pilih tersebut terhapus.
5. Tutup aplikasi Kingroot .

Keuntungan menghapus bloatware

- Membebaskan ruang memory internal
- Mengurangi beban ram, terkadang memang ada aplikasi sistem / bloatware yang memang berjalan pada saat startup setelah booting .

Kesimpulan, kita tidak dapat menghapus bloatware jika ponsel smartphone android kita sudah berstatus rooted. Untuk melakukan rooting / membuka sistem pada ponsel caranya sudah dipaparkan pada artikel bulan lalu yang berjudul “Cara root di semua jenis ponsel Android”.


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]