Komputer / Laptop Tidak Bisa Booting, ini Solusinya !

Komputer / Laptop Tidak Bisa Booting, ini Solusinya !

bloghafid.com - Jika kita adalah orang yang profesi pekerjaanya menggunakan komputer / laptop pastinya tidak ingin lepas dari media seperti itu, apalagi jika tidak mempunyai koneksi internet pastinya hidup terasa hampa dan tidak bahagia. Mengapa saya berkata hal demikian ? karena saya telah merasakanya . 
Solusi & Atasi Komputer Gagal Booting
Komputer Gagal Booting
Seiring demi waktu komputer kita pakai otomatis kinerjanya juga akan mulai menurun, kecuali jika kita memakainya dalam jangka beberapa hari yang dapat kita hitung dengan jari. Masalah yang timbul juga berbagai macam, seperti tidak bisa booting ataupun gagal dalam menjalankan sistem operasi .

Untuk masalah gagal booting ternyata dapat kita ketahui dengan melihat penyebab dan mungkin beberapa tips berikut dapat mengantisipasi bahkan akan memperbaiki dari kejadian seperti gagal booting pada komputer / laptop :

1. Prosessor kepanasan
Prosessor yang mengalami overheat menyebabkan komputer akan mati atau gagal booting, berikut cara mengatasinya :
- Cek pada kondisi heatsink, apakah didalamnya terdapat debu yang kotor atau tidak dan pastikan apakah masih bisa berputar.
- Jika bisa masuk BIOS, temperatur pada prosessor dapat dilihat pada hardware monitor .
- Pastikan pada fan prosessor terlihat normal agar tidak mengalami overheat .

2. Hardisk atau sistem pada windows ada yang corrupt
Cara memperbaikinya :
- Cek dahulu kondisi Memory, apakah terpasang dan sudah kompatibel dan biasanya akan muncul error sistem corrupt pada windows, oleh karena itu lebih baik lepaskan memory yang tidak sejenis .

Baca juga :  3 Langkah Memperbaiki Hardisk Bad Sector

3. Mati total
- Jika mengalami hal seperti mati total seperti ini dan tidak mengeluarkan suara sama sekali , coba cek aliran listrik dan cek pada kondisi power supply serta cek dair kabel - kabel yang telah terpasang . Pastikan pada pemasangan telah sesuai, serta arus listrik mencukupi .

4. Masalah BIOS
- Permasalah seperti ini BIOS yang mengalami problem jalan utamanya adalah dengan mereset bios pada komputer . Jika ada prosessor atau VGA tetap berputar akan tetapi komputer tetap belum menyala maka dapat dipastikan ada yang tidak beres dengan BIOS pada Motherboard dan bahkan memang telah mengalami kerusakan .

5. Memory dan VGA Card
Ditandai dengan pengeluaran suara bunyi beep yang berulang dan tidak mau menampilkan monitor . Cara mudah pengecekanya :
- Coba lepas pada bagian VGA Card atau Memory, pin bersihkan dan pasang hingga benar .

6. Pasang memory di slot lain
- Jika masih terdengar beep, coba ganti memory atau VGA Cardnya .
- Jika CPU bekerja, hardisk juga berputar dan pada lampu LED CPU berkedip akan tetapi monitor tidak mau menyala. Ini dapat dipastikan VGA Card yang mengalami masalah, jadi ganti VGA card dengan yang lain atau coba cek VGA card di komputer lain.

Baca juga :  4 Cara Mengatasi Kinerja Komputer / Laptop lemot

Sekiranya dengan adanya penyebab dan cara mengatasi gagal booting yang telah dirangkum di artikel ini mungkin dapat membuat komputer akan berjalan normal kembali.


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]