Solusi Mengatasi Bootloop Android tanpa Flashing

Solusi Mengatasi Bootloop Android tanpa Flashing

Kejadian seperti Bootloop mungkin kita terasa kesal jika mengalaminya, kejadian ini kerap kita temui jika kita telah melakukan sesuatu pada sistem ponsel android entah itu untuk melakukan proses rooting ataupun mengganti busybox, bahkan bootloop juga dapat kita temui jika kita salah dalam proses flashing atau penggantian ROM yang tidak cocok dengan tipe ponsel .

Bootloop dapat kita temui pada saat android gagal melakukan booting, tidak mau berhenti dan hanya ada animasi logo robot hijau saja serta kita tidak dapat masuk ke dalam layar homescreen .
Solusi Mengatasi Bootloop Android tanpa Flashing
Bootloop

Kejadian seperti ini kerap sekali dilakukan oleh seseorang yang ingin bereksperimen atau ingin mencoba sesuatu yang baru dan akhirnya seperti itulah . Mereka tidak terlalu berhati - hati terhadap ponsel android, tidak tahu menahu terhadap kerentanan software yang ada di dalam smartphone jika ada sebuah sistem yang sengaja terganti atau terhapus.

Baca :  Cara Root Semua jenis handphone android Tanpa PC / Software

Ponsel apapun dapat terkena gejala bootloop seperti halnya oppo joy, lenovo, samsung, sony, andromax, huawei dan merek ponsel smartphone terkenal lainya yang bersistem operasi android .

Baca juga :  2 Cara Root Xiaomi Redmi 2 Terbaru tanpa Software

Untuk mengatasi hal - hal tersebut sebaiknya jangan mencoba sesuatu yang mungkin kita menganggap bahwa hal itu mungkin berbahaya pada ponsel . Jika sudah terlanjur mengalami bootloop lantas bagaimana ? mungkin langkah berikut ini bisa kita terapkan tanpa melalui proses flashing, berikut ulasan bloghafid :

Matikan ponsel
Jika terjadi bootloop yang dapat dianggap tidak terlalu serius coba saja dengan mematikan ponsel android. Cabut Baterai dan juga memory eksternal yang masih tertancap dan biarkan selama beberapa menit hingga tidak ada masukkan energy . Setelah itu pasang kembali dan coba hidupkan kembali ponsel tadi .

Masuk ke dalam CWM / Custom Recovery,
- Matikan ponsel android dan lepas baterai dalam waktu beberapa detik setelah itu kita pasang kembali.

- Tekan tombol Kombinasi jika ingin masuk recovery ,

- Setelah berhasil masuk, pilih " wipe data / factory reset ". Jika ada konfirmasi tekan saja tombol yes.

- Setelah itu arahkan pada menu "Advance", kemudian pilih Wipe dalvik cache . Jika ada konfirmasi tekan tombol yes .

- Selanjutnya cari Mount & Storage dan tekan tombol format/data dan format cache . Hal ini akan menghapus data cache dan juga data pada ponsel .

- Jika sudah selesai kita tekan tombol "Reboot" .

Masuk ke Recovery ponsel
- Jika ingin masuk dalam mode ini kita harus mengkombinasikan tombol sesuai tipe ponsel android, setiap smartphone memiliki tombol masuk recovery yang berbeda - beda .

- Jika ponsel kita adalah Samsung, kita bisa menekan tombol Volume Up + Home + Power dalam beberapa detik maka akan masuk ke mode recovery .

- Setelah itu silahkan pilih dengan menggunakan tombol Volume Up / Down untuk memilih Wipe data / factory reset . Langkah tersebut membuat ponsel kembali menjadi pengaturan awal dan tentunya juga akan menghapus data dan juga file yang ada pada disk internal .

- Lalu pilih Reboot .

Dengan langkah tersebut memungkinkan kita mengatasi gagal / stuck  logo di depan saat menghidupkan ponsel . Tetapi langkah tersebut mungkin akan memperbaiki / mengatasi masalah booting .


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]