Membuat Tethering Wifi / Hotspot Lewat CMD ( Commad Prompt )

Membuat Tethering Wifi / Hotspot Lewat CMD ( Commad Prompt )

Ketika ponsel android kita kehabisan data internet yang dimana kita perlu membeli lagi kuota internetnya memang jalan satu - satunya adalah dengan memakai jaringan internet pada laptop jika memang tersedia jaringan internet entah itu modem ataupun kabel, oleh karena itu jika laptop kita ada jaringan internetnya mengapa tidak semestinya kita gunakan dan dibagi ke ponsel kita yang support dengan wifi ? tetapi lantas bagaimana cara untuk membagikan jaringan internet yang ada di laptop ke ponsel android kita ? Kita dapat menyebutnya ini adalah langkah tethering yang bisa membagi wifi laptop ke ponsel .

Baca juga :  3 Cara Atasi Wifi yang tidak berfungsi

Bagaimana cara tethering wifi tanpa software, supaya laptop saya tidak mengalami pembebanan proses dan juga membuat bertambahnya beban pada memory ?

Jika kita tidak mempunyai software untuk membagi jaringan internet pada laptop, kita juga bisa tanpa menggunakan software apapun tetapi kita mengandalkan sebuah command prompt pada windows, berikut ulasanya :

Kita buka Command Prompt dengan mode Administrator atau juga bisa dengan klik kanan pada CMD, lalu pilh Run As Administrator .

Kemudian kita cek dahulu, apakah laptop dan juga windowsnya dapat kita gunakan sebagai thethering jaringan ?

Ketikkan pada CMD " netsh wlan show driver " Enter .

Jika terdapat " Hosted Supported Network " berisikan value " Yes " berarti pertanda baik jika laptop kita dapat digunakan sebagai tethering wifi secara manual .

netsh hosted network supported
netsh hosted supported network

Jika sudah, kita akan membuat jaringan dengan command prompt, kita ketikkan " netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=bloghafidcom key=bloghafidcom ", tekan ENTER .

netsh wlan windows wifi
Perintah netsh
ssid=bloghafidcom dan juga key=bloghafidcom bisa kita ganti dengan sesuai aturan kita, entah itu nama ataupun juga apa yang ada di benak kita .

Setelah kita enter muncul kata sebagai berikut,
The hosted network mode has been set to allow.
The SSID of the hosted network has been successfully changed.
The user key passphrase of the hosted network has been successfully changed.

Kita akan menjalankan wifi tersebut dengan perintah " netsh wlan start hostednetwork ", tekan ENTER . Jika setelah kita tekan tombol enter dan muncul kata The hosted network started, berarti wifi tetheringnya sudah berjalan dan tinggal untuk menyettingnya saja .

Sekarang, kita menuju ke Control Panel -> Network and Sharing Center .

Sebagai contoh, Bloghafid menggunakan sebuah jaringan utama untuk dibagikan dan  sebut saja modem tipe Mobile Broadband dengan kartu tri indonesia, berikut screenshootnya :

Setting wifi tethering
Setting Wifi
Kita pilih yang jaringan utama, klik Properties dan pilih tab Sharing, lalu centang pada " Allow other network users to connect ... " dan pilih " Local Area Connection* 12 " .

Sharing data internet
Sharing data internet
Klik OK untuk menyimpan .

Kini kita tinggal mengkoneksikan network wifi yang sudah kita buat tadi " bloghafidcom " pada ponsel android kita dan selamat beraktifitas dengan jaringan wifi baru,
Hafid,

Baca juga :  Mengatasi jaringan wifi yang bermasalah padahal sudah koneksi dengan benar .

Ada masalah saat mengkoneksikanya ?

Wifi tidak terkoneksi pada hp / ponsel ? baca :  Cara Mengatasi Wifi tidak bisa Konek di Hp setelah thetering .



Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]