Ubah lokasi Default Install Aplikasi atau Game Android

Ubah lokasi Default Install Aplikasi atau Game Android

Mungkin pada saat kita install sesuatu entah aplikasi atau game pada ponsel android kita file - filenya akan tertanam pada ROM bawaan ponsel, tetapi jika kita keseringan install ke daerah ROM tentu saja membuat internal kita kepenuhan, oleh karena itu kita perlu menyettingnya agar saat terjadi installasi akan di arahkan ke disk sdcard external, jadi space pada internal akan lega dan mungkin juga akan membuat smartphone kita juga akan tampak lebih maksimal .

Daripada kita menggunakan Link2SD lalu juga dibutuhkan untuk membagi partisi - partisi , tentunya hal tersebut akan memakan waktu dan mungkin membuat kita kebingungan . Oleh karena itu dengan adanya langkah ini kita bisa menyulapnya menjadi mudah dengan bantuan terminal emulator android ini.

Untuk terminal emulatornya sendiri memang hampir seperti linux menggunakan Android Shell Script dan layaknya sebuah command prompt windows .

Akan tetapi untuk dapat menikmati semua itu ponsel android kita perlu di root, kalian bisa baca di artikel bloghafid sebelumnya :  Cara Root Semua jenis handphone android Tanpa PC / Software.

Jika ponsel sudah berstatus root, kita perlu menginstall suatu aplikasi yang bernama " Terminal Emulator " bisa di lihat di Google Play Store .

Jika sudah di unduh, kita jalankan aplikasinya dan nanti akan muncul popup yang mengizinkan apakah terminal emulator ini boleh di izinkan akses dalam mode root .

Lalu ketikkan command / perintah berikut pada terminal itu :
su // untuk menggunakan mode akses penuh / root

Kemudian kita ketik :
pm set-install-location 2

Jika terjadi gagal saat kita menset location, kita ketikkan :
pm setInstallLocation 2

Ketikkan kode berikut untuk melihat instalasi lokasinya sekarang ada dimana :
pm get-install-location

Atau juga bisa :
pm getInstallLocation

Terminal Emulator
Jika setelah kita ketikkan perintah get dan hasilnya adalah 2[external] berarti pada saat penginstallan akan di setting otomatis ke SD Card .

Keterangan lebih lanjut :
0 = berarti auto, sistem yang akan memilih mana yang terbaik untuk ponsel kita .
1 = Installasi aplikasi akan diarahkan ke internal memory
2 = Installasi aplikasi akan diarahkan ke SD card  / memory External
su = Untuk menggunakan hak akses super user .

Sekarang, jika kita menginstall sesuatu entah game ataupun aplikasi maka secara otomatis akan tersetting ke SD Card kita dan tidak akan membebankan ke internal memory kita .

Anda masih bingung ? kami bisa membantu.


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]