Pengalaman membuat Elektronik E-KTP baru

Pengalaman membuat Elektronik E-KTP baru

KTP memang sangat diperlukan untuk menjadi seorang Warga Negara dan hukumnya wajib untuk semua orang memiliki KTP ini. Untuk mempunyai KTP sendiri umur harus sudah mencapai sekitaran 17an untuk bayi dan balita tidak diperbolehkan.

Sekarang pembuatan KTP sudah semakin cepat saja semenjak adanya E-KTP atau dapat disebut KTP Elektronik dan Apa itu E-KTP ?

E-KTP merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.
Paling enak di E-KTP ini adalah ktpnya seumur hidup jadi kita tidak usah mengganti ktpnya seperti versi ktp yang lama dan ada masa berlakunya .

Apa membuat E-KTP membayar ?

Tentu saja tidak, dapat dikatakan membuat E-KTP ini Gratis tanpa ada pungutan biaya, jangan percaya jika membuat E-KTP itu membayar.

- Untuk pembuatan E-KTP juga lumayan gampang, kita hanya pergi ke Kelurahan membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti apa dokumen tersebut :

- Harus membawa Surat keterangan RT RW dahulu kalau belum silahkan anda menemui bapak/ibu RT RW anda dan katakan bahwa anda akan membuat KTP .

- Kemudian isi form yang telah diberikan oleh RT RW di Rumah dan jangan lupa tanda tangan, jika sudah semua sekarang kita hanya foto kopi Kartu Keluarga 1 lembar saja dan usahakan Kartu Keluarga tersebut sudah ditandatangani .

- Selanjutnya kita pergi ke Kelurahan dan menyerahkan dokumen tersebut yang berisi Surat Pengesahan RT RW dan kartu keluarga .

Nanti pastinya anda akan ditanyai mengenai Rekaman dan pada saat itu di keluarahan tidak ada alat untuk rekaman, jadinya harus pergi ke Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil dan jarak dari rumah saya sangatlah jauh sekali,

Jika anda belum Rekaman silahkan menuju Ke Dinas Kependudukan Sipil di Jl Mayjen Sungkono Arjowinagun Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65132, Indonesia .
Lebih jelasnya Dinas Kependudukan Sipil seperti apa, lihat gambar :



Setelah itu anda masuk kesana dan menyerahkan dokumen ke Petugas yang ada di depan untuk pengecekkan dokumen dan stempel, jika sudah nanti anda disuruh mengantri di dalam loket pembuatan KTP kalau tidak tahu loketnya bisa tanya orang yang duduk di bangku karena terdapat banyak loket di Dinas Kependudukan .

Jika anda sudah tahu mana loket Rekaman KTP silahkan masuk di dalamnya dan jangan takut jika ada peringatan " Hanya petugas yang boleh masuk ", seperti pengalaman saya  yang tidak berani masuk kedalam gara - gara ada warning seperti itu.

Disitu nanti anda akan melakukan proses rekaman paling tidak beberapa menit saja selesai, untuk rekamanya pertama kali adalah tanda tangan kemudian Foto, Sidik jari, Lensa Mata, Tanda tangan elektronik dan tanda tangan kertas lagi.

Jika sudah selesai kita langsung kembali lagi menuju Kelurahan untuk menyerahkan Dokumen yang sudah di stempel dari Dinas Kependudukan

Setelah sampai ke Kelurahan, serahkan dokumen yang sudah distempel tadi .Terus kita akan menerima kertas yang berisi Kapan KTP tersebut bisa di ambil, paling tidak adalah 1 mingguan baru KTP kita bisa diambil .

Tunggu sampai hari yang sudah ditentukan pada kertas yang telah anda terima, jika hari tersebut sudah tiba silahkan ambil KTP ke Kelurahan dan anda akan disuruh tanda tangan dahulu, lalu anda akan menerima KTP baru tersebut .

Memang dalam pembuatan E-KTP sendiri ya seperti itu, mungkin agak ruwet sedikit dan yang terpenting KTP sudah jadi .

Itulah pengalaman saya dalam pembuatan KTP yang mungkin akan bermanfaat bagi kalian yang belum mengurus KTP jika umur sudah 17 - 18 tahun .

Silahkan tanyakan jika ada yang perlu ditanyakan ?
Semoga bermanfaat .


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]