Install PHP secara manual di IIS tanpa Web Platform Installer

Install PHP secara manual di IIS tanpa Web Platform Installer

     IIS merupakan sebuah HTTP Web Server yang digunakan pada sistem operasi Windows, IIS juga tidak secara langsung tertanam di Operating System Windows anda, melainkan kita harus mengaktifkan, untuk cara penginstalanya, silahkan ikuti tutorial di postingan sebelumnya  Berikut, cara install IIS dengan mudah tanpa ada kesalahan .

Banyak dari sekian kita menginstall sebuah PHP lewat web platform installer dan pastinya harus terkoneksi dengan internet yang rumayan stabil. Tetapi, bayangkan saja dengan koneksi internet di indonesia yang makin lama semakin  memburuk, tentunya hal ini sangat meresahkan sekali .

         Pada saat kita menginstall PHP di IIS kitakan harus melewati dulu tahap - tahap penginstalan seperti Web platform installer, PHP manager, dkk. Tetapi, tidak dengan versi manual, kita hanya menyetting saja jikalau kita mempunyai sebuah local web server seperti xampp, atau baca  Cara Cepat Install Xampp & Setting Xampp Lengkap .

Mengapa PHPnya pakai xampp, dikarenakan menurut saya adalah ramah koneksi dan penginstallanya juga tidak rumit sekali. Tetapi, point penting yang harus diketahui adalah pada XAMPP apachenya harus anda matikan dulu dan jangan sampai hidup atau auto service, dikarenakan nanti akan bertabrakkan dengan port IIS jika anda menggunakan port 80 .

Darimana kita harus memulai,

Pertama adalah install xampp jika perlu, tetapi kalau sudah tertanam kita cuma menyettingnya saja di settingan IIS .

Buka IIS, lalu pilih salah satu hostname yang sudah dibuat .

Jika sudah terpilih, pilih Handler Maping => add Module Mapping .

Lalu akan muncul sebuah inputan,

setting php manual di IIS


- Masukkan Request Path : *.php .
- Module, pilih fastCgiModule  .
- Pada executable masukkan dimana directory php-cgi.exe pada XAMPP, sebagai contoh : C:\xampp\php\php-cgi.exe .
- Name : Isikan  FastCgi

Lalu tekan tombol OK .

Kembali lagi ke halaman hostname awal, pilih pada default document.

halaman default document pada iis

Lihat pada area kanan sendiri ( actions ) => add, nanti akan muncul sebuah inputan, masukkan index.php atau file index lainya, dikarenakan fungsinya untuk menyatakan bahwa file name tersebut adalah sebuah file index . Bisa anda ubah dengan default.php atau semacamnya . Jika sudah ada di list indexnya jangan dimasukkan lagi .

lalu pilih OK .

Coba restart hostname yang anda pilih tadi dan coba buka alamat web / Ip yang sudah terset .

Selamat mencoba .


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]