Cek data / request yang terload pada saat Halaman Website di buka

Cek data / request yang terload pada saat Halaman Website di buka


Firebug mozilla firefox

   Sering kali kita tidak menyadari bahwa data yang terload di halaman blog / website kita terlalu banyak, sehingga ketika kita akan membuka website terasa lamban . Mana buktinya ? Website saya masih cepat di akses ! . Jangan kira website anda cepat, mungkin dikeranakan Cookies, Baca : Pengertian, Perbedaan Cookie dan Cache pada Browser .

Perlu anda ingat !, bukan karena Cache saja yang membuat website yang anda kunjungi merasa cepat, tetapi REQUEST juga sangat berpengaruh .

Request keluar merupakan Data / File ( CSS, Gambar, Image ) yang terload pada saat anda membuka sebuah laman / halaman suatu website .

Bagaimana saya tahu, website yang saya kunjungi menampilkan data Request ? Sangat mudah sekali, anda tinggal menggunakan browser firefox dan dengan sebuah Extension bernama FireBug .

Cara menggunakanya ?

1. Install dan Jalankan Firebug .

2. Kunjungi website mana yang akan di lihat Request yang keluar .

3. Lihat pada tab NET dan anda akan menemukan data apa saja yang terload  pada saat anda membuka suatu halaman website .

Request data yang terload pada saat web tampil pertama kali


4. Perbaiki request tersebut, dengan menghapusnya atau sebaliknya. Contoh saja tombol share yang pernah anda lihat, seperti tombol share di akhir postingan ini . Ia tidak menggunakan javascript, tetapi menggunakan HTMl biasa. Mengapa demikian, itulah yang saya maksud dengan mengurangi REQUEST, agar load terasa lebih cepat dan tidak meresahkan pengunjung .

Baca :  Cek Loading Website Dengan PageSpeed Google

Banyak pula manfaat dari Firebug, selain mengecek request. Ia juga bisa melihat parameter terkirim meskipun di sembunyikan dengan .htaccess, Baca : Mengubah .htaccess ke web.config di IIS .

tags : cek request file out ( keluar ) di website



Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »

Please enable Javascript![ ? ]