Jaringan Internet Di Indonesia Semakin Hari Semakin Lelet

Jaringan Internet Di Indonesia Semakin Hari Semakin Lelet

Internet Lelet
   Semakin bertambah pesatnya pengguna internet dan penduduk di indonesia ini internet menjadi lelet dan tidak dapat di atasi lagi, banyak sumber yang mengatakan bahwa internet di indonesia masih menggunakan server amerika dan ada juga yang mengatakan bahwa indonesia memang mempunyai bukit - bukit dan gedung tinggi bertebaran di mana - mana .

  Dari sinilah saya akan mempublish dari berbagai sumber yang mengatakan sebab dan mengapa internet di indonesia semakin hari semakin lelet .

1 . Keadaan geografis Indonesia yang sangat luas disertai medan yang berbeda-beda. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 13 ribu pulau yang tersebar pada area seluas 1,9 juta kilometer persegi. Terlebih lagi dengan medan berbukit-bukit dan memliki banyak lembah yang menjadi sebuah tantangan sekaligus hambatan jika ingin membangun infrastruktur jaringan internet, baik jaringan kabel maupun wireless.

2. Pengguna internet di Indonesia tergolong tinggi sehingga Internet lemot adalah hal yang wajar. Pada bulan Desember 2011 saja diperkirakan terdapat 55 juta penduduk Indonesia sudah dapat memiliki akses ke jaringan internet, atau sekitar 22,4% dari total populasi dari seluruh Indonesia. Indonesia sendiri adalah negara dengan jumlah pengguna Internet terbesar ke-8 di Asia dan menempati posisi ke-4 di kawasan Asia di bawah Cina, India, dan Jepang. Hal yang patut dicermati adalah ke-4 negara Asia termasuk Indonesia tersebut adalah negara-negara dengan tingkat populasi terpadat di dunia. Dengan semakin bertambahnya pengguna internet, wajar saja jika tingkat kecepatan rata-rata internet semakin menurun.

3. Regulasi pemerintah yang tidak efisien. Semua operator seluler di Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar biaya hak penggunaan (BHP) yang cukup tinggi namun biaya tersebut dapat diganti menjadi hutang. Sebagai gantinya maka operator harus membayar kalkulasi investasi atau yang dikenal dengan ROI (Return of Investment).

4. Masalah utama koneksi lambat di Indonesia adalah para penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia masih mengandalkan jaringan nirkabel, yaitu sistem seluler dan satelit. Jenis prasarana telekomunikasi ini lebih rendah dalam hal kualitas dan kecepatan penyampaian sinyal dibandingkan sambungan kabel serat optik. Jaringan telekomunikasi di Indonesia saat ini 95% berupa telekomunikasi nirkabel dengan kualitas sambungan yang buruk .

 5. Korea Selatan menjadi negara pertama di dunia yang mempunyai kecepatan internet hingga 23,6 Mbps dan Singapura memiliki kecepatan 7,8 Mbps. Sedangkan, Indonesia hanya berkecepatan rata-rata 4,1 Mbps.


   Pendapat Pakar IT, Onno W. Purbo mengatakan secara logika intenet mempunyai kecepatan yang tinggi karena fiber optiknya ada di 'depan hidung', jadi tinggal 'menarik' saja.

"Nah, masalahnya yang menyebalkan, servernya Indonesia itu ada di Amerika," ungkapnya di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, Kamis 28 Agustus 2014.

Masih kata Onno, kalau servernya ada di kota masing-masing itu juga pasti bakal cepat, tidak akan ada gangguan. "Makanya jangan pakai server Amerika, pakai server Indonesia saja," ucapnya.

Maka dari itu, kata Onno, jarak menjadi penyebab kelemotan pada internet, khususnya di Indonesia sehingga makin jauh dan lama.

 Ada juga kemungkinan, jika internet di indonesia semakin cepat maka akses yang tidak - tidak kemungkinan juga akan semakin cepat pula .

Bagaimana pendapat anda ?

Sumber :

http://www.xl.co.id/id/yang-baru/artikel/5-sebab-koneksi-internet-lemot-di-indonesia

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/532993-pakar-it--internet-indonesia-lemot-karena-servernya-di-amerika


Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Post Selenjutnya »
Please enable Javascript![ ? ]